Desain Rumah Mediterania

Desain Rumah Mediterania. Desain rumah mediterania yang dikenal juga dengan rumah spanyol bercirikan pilar-pilar tinggi dan lekukan-lekukan bulat besar dan kadang membentuk setengah lingkaran. Biasanya rumah model ini menggunakan aksesoris mewah dan mahal. Desain ini adalah desain yang dipakai raja-raja Eropa pada zaman dahulu terutama bangsa-bangsa romawi, timur tengah dan asia kecil, serta afrika utara. Lihatlah sejarah raja-raja Spanyol atau film-film romawi kuno, para bangsawan zaman renaissance tinggal di rumah dengan desain ini. Terutama bangsa-bangsa eropa (romawi), asia kecil dan timur tengah, serta afrika utara.
Di Maroko dan Spanyol sendiri rumah desain ini masih sangat banyak, di perumahan sukarno hatta Malang dan Perumahan patrang Jember juga masih mempertahankan desain mediterania.
Masih banyaknya minat orang-orang kaya diperkotaan pada style ini dikarenakan uniknya dekorsi dan pewarnaan dinding bangunan. Biasanya menggunakan warna orange dan alami dengan ketebalan yang berbeda antara dinding dengan tiang atau balcon. Jendela untuk desain rumah ini biasanya tinggi yang ditengahnya kayu-kayu persegi dan jendela bagian atas berbentuk melengkung. Sedang untuk atap berbentuk pelana atau rata.
Yang paling menarik lagi adalah, nilai sejarah dari desain ini. karena hasil karya ini sangat melekat dengan sejarah Eropa dan sejarah Islam.